Aplikasi Penerapan Pembelajaran SebaTIK dalam Mewujudkan Pembelajaran Berdiferensiasi Terintegrasi Portal Rumah Belajar dan Platfom Merdeka Mengajar
Sahabat Daeng Guru..
Sebagai guru yang
berada di era zaman abad 21 tidak hanya di tuntut untuk mengajar tetapi guru di
tuntut harus mampu menjadi pembelajar dan agen perubahan di sekolah mengikuti
perkembangan teknologi.
Guru melek teknologi
itulah sebutan guru zaman now. Pembelajaran akan menjadi luar biasa, jika guru
mampu menghadirkan teknologi dan kegiatan belajar mengajarnya di kelas dan
mampu menciptakan inovasi-inovasi di kelas yang berdampak pada pembelajaran
yang berpihak pada siswa.
Praktik baik saya ini
menjadi solusi untuk menciptkan pembelajaran inovatif yaitu pembelajaran SebaTIK merupakan akronim
dari Sehari Bersama TIK. Dalam
penerapanya di kelas saya mengkolaborasikan pembelajaran Discovery Inkuiri Learning dengan menggunakan Portal Rumah Belajar,
Platfom Merdeka Mengajar, Classpoint, Wheel Of Names dan Quizizz.
1. Untuk refensi saya mengakses pada Platfom Merdeka Mengajar untuk
mengikuti pelatihan topik Pembelajaran Berdiferensiasi.
2. Dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif
saya memperaktekkan pembelajaran SebaTIK
( Sehari Bersama TIK) menggunakan model pembelajaran Discovery Inkuiri Learning yaitu
suatu
rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan
siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis,
sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.
1. Dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran saya
mengkolaborasikan dengan sumber belajar pada Portal Rumah Belajar, Komunikasi
interaktif menggunakan Classpoint, Pengerjaan tugas pada Google Workspace For
Education, Tanya jawab menggunakan Wheel Of Names dan Penilaian Individu
menggunakan Quizizz.
a.
Pada portal Rumah Belajar saya memanfaatkan sumber belajar yaitu siswa menonton
video berkaitan dengan materi
b.
Guru dan siswa berinteraksi menggunakan
powerpoint interaktif yaitu Classpoint. Aplikasi ini akan
terintegrasi dengan Power Point. ClassPoint memberikan sejumlah fitur untuk
membuat materi pembelajaran yang menarik serta dapat meningkatkan engagement
antara siswa dengan materi pelajaran.
c.
Siswa mengerjakan tugas kelompok secara bersama
dengan mencari informasi di google
search pada Google Workspace For Education merupakan media dan teknologi pembelajaran yang disediakan secara gratis
oleh google dengan memanfaatkan akun belajar.id.
d. Guru melakukan tanya jawab secara individu dalam kelompok menggunakan Wheel Of Names adalah salah satu aplikasi online yang berjalan di web browser yang tujuan penggunaannya adalah untuk melakukan undian.
e. Pada akhir pembelajaran guru melakukan post tes menggunakan Quizizz adalah platform keterlibatan siswa yang memungkinkan guru untuk melakukan pelajaran dan kuis interaktif dengan siswa. Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung.
Sahabat
daeng guru untuk melihat video pembelajaran saya dengan siswa menggunakan
Pembelajaran SebaTIK dalam mewujudkan pembelajaran berdiferensiasi dapat di
klik di link youtobe berikut..
Semoga
bermanfaat dan menginspirasi rekan-rekan guru hebat.
0 Response to "Aplikasi Penerapan Pembelajaran SebaTIK dalam Mewujudkan Pembelajaran Berdiferensiasi Terintegrasi Portal Rumah Belajar dan Platfom Merdeka Mengajar"
Posting Komentar