Aplikasi Penerapan Pembelajaran SebaTIK dalam Mewujudkan Pembelajaran Berdiferensiasi Terintegrasi Portal Rumah Belajar dan Platfom Merdeka Mengajar

 


Sahabat Daeng Guru..

Sebagai guru yang berada di era zaman abad 21 tidak hanya di tuntut untuk mengajar tetapi guru di tuntut harus mampu menjadi pembelajar dan agen perubahan di sekolah mengikuti perkembangan teknologi.

Guru melek teknologi itulah sebutan guru zaman now. Pembelajaran akan menjadi luar biasa, jika guru mampu menghadirkan teknologi dan kegiatan belajar mengajarnya di kelas dan mampu menciptakan inovasi-inovasi di kelas yang berdampak pada pembelajaran yang berpihak pada siswa.

Praktik baik saya ini menjadi solusi untuk menciptkan pembelajaran inovatif yaitu  pembelajaran SebaTIK merupakan akronim dari  Sehari Bersama TIK. Dalam penerapanya di kelas saya mengkolaborasikan pembelajaran Discovery Inkuiri Learning dengan menggunakan Portal Rumah Belajar, Platfom Merdeka Mengajar, Classpoint, Wheel Of Names dan Quizizz.

Langkah-langkah yang saya lakukan dalam praktik baik ini untuk menghadapi tantangan tersebut yaitu

1.  Untuk refensi saya mengakses pada Platfom Merdeka Mengajar untuk mengikuti pelatihan topik Pembelajaran Berdiferensiasi.

2.  Dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif saya memperaktekkan pembelajaran SebaTIK ( Sehari Bersama TIK) menggunakan model pembelajaran Discovery Inkuiri Learning yaitu  suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.

1.  Dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran saya mengkolaborasikan dengan sumber belajar pada Portal Rumah Belajar, Komunikasi interaktif menggunakan Classpoint, Pengerjaan tugas pada Google Workspace For Education, Tanya jawab menggunakan Wheel Of Names dan Penilaian Individu menggunakan Quizizz.

a.  Pada portal Rumah Belajar saya memanfaatkan sumber belajar yaitu siswa menonton video berkaitan dengan materi

b.  Guru dan siswa berinteraksi menggunakan powerpoint interaktif yaitu Classpoint. Aplikasi ini akan terintegrasi dengan Power Point. ClassPoint memberikan sejumlah fitur untuk membuat materi pembelajaran yang menarik serta dapat meningkatkan engagement antara siswa dengan materi pelajaran.

c.  Siswa mengerjakan tugas kelompok secara bersama dengan mencari informasi di google search pada Google Workspace For Education merupakan media dan teknologi pembelajaran yang disediakan secara gratis oleh google dengan memanfaatkan akun belajar.id.

d.   Guru melakukan tanya jawab secara individu dalam kelompok menggunakan Wheel Of Names adalah salah satu aplikasi online yang berjalan di web browser yang tujuan penggunaannya adalah untuk melakukan undian.

e. Pada akhir pembelajaran guru melakukan post tes menggunakan Quizizz adalah platform keterlibatan siswa yang memungkinkan guru untuk melakukan pelajaran dan kuis interaktif dengan siswa.  Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung.



Sahabat daeng guru untuk melihat video pembelajaran saya dengan siswa menggunakan Pembelajaran SebaTIK dalam mewujudkan pembelajaran berdiferensiasi dapat di klik di link youtobe berikut..

https://youtu.be/YMFmje_NwX4

Semoga bermanfaat dan menginspirasi rekan-rekan guru hebat.



 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Penerapan Pembelajaran SebaTIK dalam Mewujudkan Pembelajaran Berdiferensiasi Terintegrasi Portal Rumah Belajar dan Platfom Merdeka Mengajar"

Posting Komentar